Titik merah dan kuning pada ban

Kadang kita jumpai titik merah ataupun titik kuning pada ban baru. Dulu saya bertanya-tanya apa itu? dan harusnya masang bannya bagaimana?

Ternyata dalam proses pembuatan ban, tidak sepenuhnya bulat. Maksudnya lonjong gitu? Tidak sepenuhnya bulat ini dalam ketelitian 0,01. Jadi tidak akan terlihat oleh mata. 

Trus bagaimana cara kita tahu?Dari pabrikan sendiri, ban sudah ditandai dengan warna. Warna merah untuk titik tertinggi, sedangkan warna kuning untuk titik teringgan. 

Pada ban baru yang pernah saya jumpai, ada yang cuma mempunyai warna kuning saja, tetapi kadang ada dua warna kuning dan merah. Jadi Bagaimana dalam memasang ban baru tersebut?

  • Yang pertama, jika kita melihat titik merah dan kuning pada ban baru, abaikan titik kuning. dan jika mobil tersebut menggunakan velg standar (steel rim) cari titik terendahnya dan pas kan (biasanya ditandai dengan titik kecil dipinggir velg). Apabila menggunakan velg alloy maka tepatkan pada pentil roda (valve stem)
  • Bagaimana jika hanya ada titik kuning pada Ban? letakkan titik kuning sejajar dengan pentil (valve stem).

Kenapa harus di valve stem? 

Pada velg, titik teringan adalah pada lubang ventil, walaupun nantinya di tambah ventil ban. Hanya saja harapannya akan mengimbangkan berat. 

Setelah dilakukan pemasangan, ban harus dipasang benar-benar tepat.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Titik merah dan kuning pada ban

  1. Ebay berkata:

    Keterangan yg terlalu singkat dan kurang bisa dimengerti.
    “cari titik terendahnya dan paskan”
    Maksudnya bagaimana?
    Maksud dari titik terendah seperti apa dan paskan dimana?
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s