Garis Besar Pemindah Tenaga

Pemindah daya (drive train) adalah sejumlah mekanisme yang memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk menggerakkan roda kendaraan. Pemindah daya yang umum digunakan ada 2 jenis yaitu : mesin depan penggerak belakang (front-engine rear drive) yang disingkat FR dan jenis mesin depan penggerak depan (front engine front drive) atau disingkat FF. Disamping itu ada beberapa kendaraan yang menggunakan mesin tengah penggerak belakang (mid-ship-engine rear drive) disingkar MR, dan jenis penggerak empat roda (4WD) four wheel drive. Untuk four wheel drive sendiri dibagi menjadi jenis part time 4WD dan full time 4WD.

Susunan Pemindah Tenaga, terdiri dari :

  • Kopling
    Kopling digunakanuntuk menghubung dan memutuskan atau memindahkan tenaga dari mesin ke pemindah tenaga (melalui transmisi atau transaxle)
  • Transmisi atau Transaxle
    Transmisi mengubah-ubah kombinasi roda-roda gigi uang meneruskan tenaga dari mesin ke roda-roda penggerak, dengan demikian mengubah-ubah kecepatan kendaraan yang diperoleh dari mesin.
    Tranaxle adalalah unit yang menyatukan mekanisme transmisi dan differential didalam satu rumah (singgle case). Transaxle digunakan pada FF dan kendaraan sejenisnya. Kalau untuk Transmisi Otomatis dan transmisi transaxle otomatis mengubah-ubah gigi secara otomatis
  • Propeller Shaft
    Pada kendaraan FR dan 4-WD, propeller shaft memindahkan tenaga dari transmisi depan ke diferensial belakang
  • Differential
    Diferensial (Differential) menurunkan kecepatan putaran dari transmisi dan mengarahkan tenaga yang kemudian diteruskan tegak lurus ke axle shaft atau drive shaft. Selama membelok diferensial meredam perbedaan kecepatan antara ban-ban kiri dan kanan dan memperlembut gerakan
  • Axle Shaft atau Drive Shaft
    Poros ini meneruskan tenaga dari diferensial ke ban
  • Transfer
    Transfer digunakan pada kendaraan-kendaraan 4 WD. Ini membagi tenaga dari transmisi atau transaxle ke roda depan dan belakang

 

Iklan