Propeller Shaft

Propeller Shaft

Propeller shaft adalah komponen yang menghubungkan transmisi dengan diferensial belakang pada kendaraan FR (mesin depan penggerak roda belakang) dan kendaraan 4WD (penggerak 4 Roda). Propeller juga dirancang untuk meneruskan tenaga ke diferensial dengan mengikuti perubahan sudut dan panjang pendeknya propeller shaft yang disebabkan oleh gerakan diferensial naik turun, maju mundur oleh benturan dengan permukaan jalan dan perubahan beban kendaraan.

Komponen propeller shaft

Pada umumnya propeller shaft dibuat dari tabung

Macam-macam propeller shaft

Tips.

Ketika membuka propeller shaft dengan …… sebaiknya ditandai. Kebanyakan sih pada menyepelekan, ah gampang masang mah, males lah keluar kolong bwat cari kapur apa tipex. Jadinya pas masang geter.

Loh kenapa ko bisa geter? Propeller itu ternyata di balans lho di pabrik. Coba aja lihat gambar… jadi kalau misalnya pas masukin ga pas sebelumnya, bisa menyebabkan geter. Ada juga sih yang ada semacam gerigi lebih besar, jd nga mungkin ke puter. Cuman menurut pengalaman saya,  ga semua.

Apalagi untuk proppeller shaft yang 4wd untuk gardan depan. Silahkan amati saja pasti terpasangnya unik, waktu itu guru saya nunjukin bukunya, cuman pakai bahasa belanda, jadi ya saya ga bisa ngartiin.

Tips berikutnya adalah kalau turun transmisi sekalian periksa proppeller, terutama pada universal jointnya. Coba digoyang-goyang biar terasa ada yang seret engga. Klo ada yang seret ketok body propelernya pakai palu. Kebalikan dari arah seret nya ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s