Engine

Mesin/Engine merupakan sumber tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Mesin mobil diharapkan kecil dan ringan, tetapi mampu menghasilkan output yang besar. Didalam mesin terdapat beberapa sistem yang mendukung kinerja mesin diantaranya adalah sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem bahan bakar, dll. Seperti apakah mesin itu?

Umumnya kendaraan yang beredar didunia menggunakan Reciprocating Engine, yaitu mesin yang memperoleh tenaga dengan jalan merubah gerak bolak-balik piston menjadi gerak putar poros engkol. Mesin Diesel dan Mesin Bensin (Otto) adalah tipe mesin ini. Yang membedakan keduannya salah satunya adalah penggunaan bahan bakar yang berbeda.

Mesin Bensin

Dalam mesin bensin, campuran bahan bakar dan udara dibakar didalam silinder. Tekanan yang terjadi diubah melalui piston, batang torak dan poros engkol menjadi daya gerak.

Mesin Diesel

Dalam mesin diesel, udara didalam silinder dikompresikan  sampai temperatur yang tinggi. Pada akhir langkah kompresi, bahan bakar di semprotkan dalam bentuk kabut di dalam silinder dan akan terbakar. Tekanan yang terjadi diubah melalui piston, batang torak dan poros engkol menjadi daya gerak.

Di salah satu tipe mobil Mazda ada yang menggunakan mesin rotari (wankel).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s