Blok Silinder dan Kepala Silinder

Blok Silinder ( Cylinder Block ) dan kepala silinder ( Cylinder Head ) merupakan bagian dari mesin Torak, proses engkol dan komponen penting lainnya terpasang didalam blok silinder, sedangkan sistem hisap dan buang, mekanisme katup, ruang bakar, busi dan bagian-bagian lain yang memegang peranan utama terhadap kemampuan mesin terpasang pada kepala silinder

  1. Blok Silinder
    Blok Silinder biasanya ini terbuat dari besi tuang, tetapi untuk mengurangi berat dan menambah efisiensi pendinginan banyak yang terbuat dari paduan alumunium. Bagian-bagian utama dari blok silinder sebagai berikut :

    • Silinder
      Ini adalah tabung silindris yang mana torak bergerak naik turun dibawahnya
    • Mantel Air
      Ini digunakan sebagai saluran pendingin yang dipergunakan untuk mendinginkan mesin
    • Saluran oil
      Ini merupakan saluran oli untuk mengalirkan oli mesinĀ  ke blok silinder dari kepada silinder
    • Bantalan Proses Engkol
      Bagian ini menahan poros engkol melalui bantalan ( bearing )

      cylinder-block

  2. Kepala Silinder
    Kepala silinder dipasang diatas blok dan bersama torak dan silinder membentuk ruang bakar. Seperti blok silinder, kepala silinder ibuat dari besi tulang atau paduan alumunium .
    Bagian-bagian utama dari kepala silinder mempunyai nama dan fungsi sebagai berikut

    • Ruang bakar
      Ruangan ini adalah tempat terbakarnya campuran udara-bahan bakar dan tempat terpasangny busi yang menyalakan bakar
    • Saluran Hisap
      Ini adalah saluran masuknya campuran udara-bahan bakar ke dalam silinder dan saluran keluarnya gas buang dari dalam silinder. Membuka dan menutupnya saluran ini oleh katup
    • Mantel Air dan Saluran Oli
      Ini adalah tempat mengalirnya oli dan air pendingin di sekeliling ruang bakar mendinginkannya

      cylinder-head