Kelistrikan Body

Komponen-komponen kelistrikan bodi adalah komponen yang dilengkapi dalam bodi kendaraan, termasuk komponen sistem penerangan, meter kombinasi, wiper, washer, central lock dan komponen lainya yang bertujuan untuk menjamin pengendara lebih nyaman dan aman. Tentu saja termasuk kelistrikan kabel-kabel yang menghubungkan komponen- komponen tersebut.

Wiring harness/jaringan kabel

Kalau kita bicara wiring harness (jaringan kabel) kita akan melihat sekelompok kabel yang terisolasi, menghubungkan komponen-komponen, dan melindungi komponen. Semua dikelompokan dengan rapi sehingga mudah menghubungkan komponen-komponen kelistrikan.

Kawat dan kabel

Ada bermacam tipe kabel di mobil, hanya saja mungkin ada tiga macam yang utama

  • Kabel tegangan rendah
  • Kabel tegangan tinggi
  • Kabel yang diisolasi

Contoh kabel bertegangan tinggi, digunakan pada sistem pengapian, yaitu pada kabel busi. 

Untuk kabel yang diisolasi banyak digunakan pada antena radio, beberapa sensor putaran, dll. Tujuan dari menggunakan kabel ini adalh mencegah ganguan gelombang dari luar.

Loh kalau yang kabel tegangan rendah? Untuk kabel ini yang kebanyakan di pakai di mobil.

Komponen-komponen penghubung.

Yang termasuk komponen penghubung adalah junction box dan relay block, connector/ socket dan baut massa.

Untuk baut massa pada mobil-mobil eropa kebanyakan dikombinasi dengan kabel warna coklat, sedang mobil asia dengan warna hitam.

Komponen pelindung

Sekring, fusible link dan circuit breaker digunakan sebagai pelindung komponen-komponen yang melindungi sirkuit dan mencegaj terbakarnya komponen karena arus yang berlebihan atau hungan singkat (konsleting)

Sekring tipe blade. 

Tipe ini paling banyak digunakan saat ini. Sekring ini mempunyai kode untuk masing-masing tingkatan arus.

Fusible link

 Fungsinya sama dengan sekring, bedanya adalah digunakan untuk arus yang lebih besar dan mempunyai elemen yang tebal

Switch dan Relay

Switch dan relay membuka dan menutup Sirkuit kelistrikan untuk menghidupkan mesin, menyalakan beban lampu, dan lain-lain

Switch yang di pasang pada mobil umumnya menggunakan satu atau dua switch yang dioperasikan langsung oleh tangan, ada juga yang dioperasikan oleh tekanan, atau oleh temperatur. 

Contoh switch yang dioperasikan oleh tangan

Switch putar

Switch tekan

Switch ungkit

Switch tuas

Switch yang dioperasikan oleh perubahan temperatur atau perubahan panas yang ditimbulkan oleh adanya perubahan arus. 

Biasanya digunakan untuk switch extra fan.

Switch karena perubahan fluida

Switch ini bekerja dengan adanya perubahan permukaan fluida, contoh pada switch minyak rem ataupun indicator coolant. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s