Kelistrikan Mesin

Kelistrikan mesin ialah sistem kelistrikan yang dipegunakan untuk menghidupkan mesin serta mempertahankanya agar tetap hidup

Berikut ini adalah sistem kelistrikan mesin mobil yang mendukung kinerja kendaraan :

  • Baterai
  • Sistem pengapian (hanya untuk mesin bensin)
  • Sistem starter
  • Sistem pengisian

Baterai berfungsi untuk mensuplai listrik ke sistem starter, sistem pengapian dan sistem kelistrikan lainnya. 

Pada mesin bensin (bisa dipelajari di sini) untuk melakukan pembakaran di dukung oleh sistem pengapian. Sistem pengapian ini berfungsi untuk menaikan tegangan baterai yang hanya 12 v menjadi tegangan tinggi sekitar 5000-20000 v (setelah saya amati dari beberapa mobil). Dan selanjutnya akan dipercikkan oleh busi (spark plug) pada saat yang tepat. 

Untuk cara kerja sistem pengapian akan saya terangkan terpisah saja ya, karena banyak sekali perkembangannya. Mulai dari konvensional, kemudian ke CDI, ada juga UTI, selanjutnya di satukan dalam sistem EFI. Dalam sistem efi juga terdapat banyak istilah seperti DIS, Dual spark ignition, dll

Selanjutnya tentang sistem starter. Katika pertama kali kita ingin menghidupkan kendaraan, pasti mengoperasikan starter. Jadi sistem starter adalah penggerak awal untuk memutarkan poros engkol ketika mesin dihidupkan. 
Perlu diketahui, akhir-akhir ini terdapat teknologi start and go, seperti pada motor vario baru. Teknologi tersebut sudah digunakan pada beberapa mobil, contohnya …….. untuk sistemnya akan saya bahas pada halaman lain.

Sistem pengisiaan

Setelah sedikit membahas sistem pengapian dan sistem starter, maka baterai sebagai sumber tegangan akan kosong. Maka diperlukan sistem yang mengisi selama mesin hidup. Sistem ini adalah sistem pengisian. Kalau di umpamakan, sistem pengisian ini ibarat pompa air yang akan mengisi bak air yang ada diatas tower 12m.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s