Sistem Pengisian

Fungsi baterai pada mobil adalah untuk mensuplai kebutuhan listrik pada komponen-komponen listrik pada mobil tersebut seperti motor starter, lampu-lampu dan penghapus kaca, sistem airbag, sistem AC, dll. Namun kita tahu bahwa kapasitas baterai terbatas jadi lama kelamaan akan habis. 

Maka diperlukan sistem pengisian yang memproduksi litrik agar baterai selalu terisi penuh. 

Bagian-bagian sistem pengisian

Alternator

Alternator berfungsi untuk merubah energi mekanis yang didapatkan dari mesin menjadi tenaga listrik. Jadi puli alternator diputar oleh mesin melalui sebuah drive belt (v-belt) sehingga alternator menghasilkan arus bolak-balik. Arus bolak-balik ini dirubah menjadi searah oleh dioda. 

Komponennya:
Setelah mengenal komponen diatas, mari kita pelajari fungsi masing-masing komponen. 

  • Puli

Puli berfungsi untuk tempat tali kipas penggerak rotor. Beberapa puli saat ini dipasang mekanisme satu arah jadi hanya bisa berputar satu arah saja. 

  • Kipas

Kipas berfungsi mendinginka. Dioda dan kumparan-kimparan pada alternator. Alternator-alternator saat ini saya lihat tidak menggunakan kipas, bisa dikarenakan konstruksi yang lebih baik.

  • Rotor

Rotor merupakan bagian yang berputar didalam alternator, pada rotor terdapat kumparan rotor (rotor coil) yang berfungsi untuk menghasilkan kemagnetan. Listrik yang dialirkan ke kumparan melalui dua slip ring. 

  • Stator

Stator terdiri dari tiga kumparan yang di satukan ujungnya. 

  • Dioda

Alternator menghasilkan arus bolak-balik  sedangkan baterai memerlukan arus DC. Jadi perlu di searahkan terlebih dahulu oleh dioda. 

Regulator

Arus yang dihasilkan alternator tidak selalu konstan, karena tergantung putaran mesin. Makin besar rpm mesin maka pengisian akan semakin besar. 

Fungsi regulator adalah mengatur besar arus listrik yang masuk ke rotor coil sehingga tegangan yang dihasilkan oleh alternator tetap konstan walaupun putaran mesin berubah-ubah. Selain itu regulator mempunyai fungsi untuk mematikan lampu pengisian, ketika alternator menghasilkan arus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s